10 ‘Penguasa’ Terbesar Minyak & Gas di Dunia, Ada Pertamina?

INFOGRAFIS, Kalahkan Apple, Saudi Aramco Cetak Laba Terbesar Sedunia

Perang Rusia dan Ukraina telah melambungkan harga minyak dan gas hingga sempat menyentuh rekor tertingginya dalam beberapa tahun.

Berbagai perusahaan minyak pun seperti ‘ketiban durian runtuh’. Setidaknya ada 10 perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

Berdasarkan data Companies Market Cap per Senin (6/3/2023), perusahaan migas besar di Arab Saudi melalui perusahaan Saudi Aramco bercokol di posisi pertama dengan market cap mencapai US$ 1,87 triliun.

Diketahui, ladang minyak yang dimiliki dan dioperasikan oleh Saudi Aramco yakni Ghawar, merupakan ladang minyak bumi terbesar di dunia baik karena memiliki cadangan minyak (masa lalu dan ditambah masa yang akan datang) mencapai 96 miliar barel.

Ladang minyak Ghawar telah menyumbang lebih dari setengah produksi minyak mentah kumulatif Arab Saudi sejak 1938.

Posisi berikutnya, ada Memiliki kapasitas pasar sebesar US$ 459,24 miliar, Exxon Mobil Corp berada di posisi ke dua.

Selain menjual gas alam dan minyak bumi, perusahaan yang berbasis di AS ini juga menjalankan usaha dalam sektor manufaktur energi dan kimia.

Dalam daftar tersebut, nama PT Pertamina tidak masuk dalam 100 besar.  Perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar justru Chandra Asri Petrochemical yang bertengger di urutan 65 dengan nilai market cap sebesar US$12, 80 miliar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*