Anggaran Jokowi di Akhir Jabatan Rp3.476 T, Buat Apa Saja?

Pernyataan Presiden Joko Widodo terkait Piala Dunia U-20, Istana Merdeka, Selasa (28/3/2023). (Tangkapan layar Youtube Setpres RI)

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyiapkan rancangan awal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024. Sederet kebijakan juga disiapkan pada tahun terakhir pemerintahan tersebut.

“Postur fiskal belanja negara 2024 sebesar Rp 3.215,7 triliun – Rp 3.476,2 triliun,” ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat 2023, Kamis (6/4/2023)

Buat apa saja?

Sri Mulyani menjelaskan tema kebijakan fiskal pada 2024 adalah mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Dalam jangka pendek, capaiannya adalah penghapusan kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, pengendalian inflasi dan peningkatan investasi.

Kemudian jangka panjang, yaitu penguatan kualitas sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, peningkatan nilai tambah sumber daya alam (SDA) dan penguatan deregulasi dan institusi.

“Arah kebijakan dari sisi APBN, SDM dan itu berarti dimensinya sangat banyak ada pendidikan kesehatan, ada juga infrastruktur dasar seperti air bersih dan infrastruktur lainnya menciptakan nilai tambah dan kita harus terus reformasi dan deregulasi institusi kita,” paparnya.

Arah kebijakan untuk menuju pencapaian tersebut terlihat dari anggaran prioritas adalah kesehatan yang sebesar Rp187,4 triliun – Rp200,8 triliun, perlindungan sosial sebesar Rp503,7 triliun – Rp546,9 triliun, pendidikan Rp 643,1 triliun – Rp 695,3 triliun dan infrastruktur Rp396,9 triliun – Rp477,5 triliun.

“Untuk bisa dukung prioritas nasional kita terus reformasi di bidan keuangan negara dan fiskal penerimaan negara dari sisi pendapatan kita sudah selesaikan UU HPP kita terus tingkatkan investasi dari ICP meningkatkan tax rasio dan menggunakan instrumen perpajakan untuk ekonomi,” jelas Sri Mulyani.

Selain itu prioritas belanja 2024 antara lain pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan pemilihan umum (pemilu).

“Pembangunan IKN jelas sudah mulai tahun ini dan tahun depan pemilu kemarin kita lihat tahun depan Februari untuk seluruhnya dan satu atau dua round akan mempengaruhi anggaran yang luar biasa dan Pilkada ujung 2024 jadi tahun depan tahun benar-benar election dan itu semua anggarannya kita sediakan,” paparnya.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*