Bikin Kaget, Segini Harta ‘Tangan Kanan’ Warren Buffett

Charlie Munger, Berkshire HathawayLacy O’ Toole via CNBC.com

Di balik konglomerasi Berkshire Hathaway ada nama Warren Buffett dan tangan kanannya, Charles Thomas Munger. Charlie, panggilan akrabnya, disebut Buffett sebagai ‘partner-in-crime’-nya.

Pria berusia 99 tahun itu sendiri memiliki https://303terpercaya.online/ karier yang sukses, tetapi dia mungkin terkenal karena kemitraannya dengan Buffett dan strategi investasi mereka yang sukses. Mereka sudah berteman selama lebih dari 60 tahun dan bermitra bisnis sejak tahun 1978.

Sama dengan Buffett, Wakil Ketua Berkshire Hathaway itu juga masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia menurut Forbes. Namun, mereka berada di urutan yang sangat jauh.

Buffett berada di urutan ke-5 dengan kekayaan sebesar US$ 113,6 miliar atau setara Rp1.691,05 triliun. Sementara Munger, jauh berada di urutan ke-1309 dengan kekayaan sebesar US$ 2,4 miliar atau setara Rp 35,72 triliun.

Mengapa perbandingan kedua bos Berkshire Hathaway ini sangat jauh?

Dilansir dari berbagai sumber, Charlie Munger lahir di Omaha, Nebraska, dan saat remaja, bekerja di toko kelontong Buffett & Son milik kakek Warren Buffett. Setelah sekolah menengah, Munger memulai karirnya sebagai ahli meteorologi di Angkatan Darat AS sebelum beralih ke hukum.

Ia masuk ke Harvard Law School tanpa gelar sarjana, mengikuti jejak ayah dan kakeknya yang menjadi pengacara. Setelah mendapatkan gelar sarjana hukumnya, dia pindah ke California Selatan untuk bergabung dengan sebuah firma hukum di kota besar.

Baru setelah Munger bertemu Warren Buffett, dia beralih ke karier dalam berinvestasi. Munger dan Buffett pertama kali bertemu pada tahun 1959 saat Munger berusia 35 tahun.

Munger ikut mendirikan firma investasi Munger, Tolles & Olson pada tahun 1962 dan kemudian bergabung dengan Berkshire Hathaway sebagai Wakil Ketua pada tahun 1978.

Kemitraannya dengan Buffett telah berperan penting dalam kesuksesan Berkshire Hathaway, dan keduanya dikenal dengan gaya dan filosofi investasi yang saling melengkapi.

Meskipun keduanya memiliki karier yang sukses dalam berinvestasi dan telah meningkatkan kekayaan mereka secara signifikan selama bertahun-tahun, terdapat perbedaan yang signifikan dalam kekayaan bersih mereka.

Ada beberapa alasan mengapa kekayaan bersih Munger lebih rendah daripada kekayaan Buffett terlepas dari kemitraan dan strategi investasi mereka yang serupa. Yang pertama, perbedaan gaji dan kompensasi Munger sebagai Vice Chairman Berkshire Hathaway yang lebih rendah dari Buffett sebagai CEO.

Kedua, Munger dikenal giat memberikan kontribusi yang signifikan untuk berbagai kegiatan amal dan kegiatan filantropinya. Dia telah menyumbangkan ratusan juta dolar ke berbagai organisasi dan tujuan sepanjang hidupnya.

Munger telah memilih untuk memberikan sebagian besar kekayaannya dari waktu ke waktu, sedangkan Buffett telah memilih untuk memberikan sebagian besar kekayaannya ketika dia sudah meninggal dunia nanti.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*