Cuka Apel Terbukti Ampuh Usir 5 Hewan Pengganggu Ini di Rumah

Jakarta – Kemunculan hewan-hewan seperti tikus, kecoa, dan nyamuk di rumah bisa mengganggu ketenangan dan ada saatnya kotoran mereka bisa membuat rumah bau. Begitu pula dengan kehadiran siput dan semut yang bisa merusak tanaman di rumah.
Hewan-hewan tersebut bisa muncul kapan saja jika mereka mendapat sinyal sumber makanan atau tempat tinggal yang nyaman di rumahmu.

Sebenarnya ada 1 bahan yang bisa mengusir hewan-hewan tersebut yakni cuka apel. Mengutip dari Health.com, cuka apel adalah sejenis cuka yang dibuat dari fermentasi sari buah apel yang dihancurkan. Bahan ini bisa dibeli di toko dekat rumahmu.

Cuka apel ini biasa digunakan untuk membersihkan barang di rumah dan dicampurkan dalam masakan. Selain itu, cuka apel juga memiliki khasiat bagi kesehatan seperti mengontrol kolesterol.

Sayangnya, kehadiran cuka apel ini tidak disukai oleh nyamuk, tikus, siput, kecoa, dan semut karena aromanya yang tajam. Berikut cara pemakaian cuka apel yang ampuh mengusir hewan pengganggu di rumah menurut situs AZ animals yang dikutip pada Sabtu (17/2/2024).

Lalat Buah
Hewan satu ini akan datang saat kamu sedang memasak karena aroma yang menguar dari masakan. Bahkan buah yang diletakkan di atas meja setelah salah satu bagiannya dipotong juga bisa mengundang lalat buah datang.

Cara penggunaan cuka apel untuk menghentikan lalat buah mendekat adalah dengan menuangkan secangkir cuka apel yang dicampurkan dengan beberapa tes sabun cuci piring ke dalam stoples. Lalu tutup stoples dengan plastik dan buat lubang seukuran lalat. Lalat buah tertarik pada aroma cuka. Saat lalat masuk ke dalam stoples, mereka akan terjebak di dalam cairan sabun.

Nyamuk
Nyamuk kerap mengganggu saat seseorang tengah diam atau tidur. Jika tidak menimbulkan gatal di kulit, nyamuk sering membuat suara bising di dekat telinga apalagi saat rumah tidak menyalakan lampu.

Cara mengusir yang diketahui efektif adalah dengan menyalakan lilin beraroma serai yang telah diberi cuka apel. Serai adalah pengusir nyamuk yang ampuh. Ditambahkan cuka apel akan lebih efektif.

Kecoa
Banyak sekali orang yang mengaku tidak menyukai kehadiran kecoa karena hewan satu ini cukup berani untuk menyerang balik. Selain berjalan dengan cepat, kecoa juga bisa terbang saat diserang.

Cara yang paling tepat untuk mengusir kecoa adalah mencampurkan cuka apel dan air ke dalam botol semprotan. Semprotkan larutan tersebut ke sudut-sudut tempat kecoa biasa ditemukan. Mereka tidak menyukai aroma cuka apel dan akan pergi saat menciumnya.

Siput
Hewan bercangkang satu ini memang jarang ditemui di dalam rumah sebab makanan mereka adalah daun tanaman. Namun apabila di rumah juga memiliki taman atau kebun mini mungkin saja menemukan siput di salah satu tanamannya. Cara untuk mencegah siput datang dan merusak tanaman di rumah bisa dengan menyemprotkan cuka apel di sekitar taman atau pot.

Tikus
Tikus adalah hewan pengerat yang bisa merusak perabotan di rumah. Selain itu, bisa menjadi masalah jika tikus membuat kotoran di dalam rumah karena selain bau juga bisa membawa wabah penyakit.

Gunakan kapas yang direndam di dalam cuka apel. Tempatkan kapas di area tempat keluar tikus. Bau cuka apel yang menyengat dapat menghalangi mereka untuk masuk ke dalam rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*