Intip Harga Motor Listrik Gesits, Volta & Selis Usai Didiskon

Salah satu pegawai mekanik motor listrik melihat motor listrik di salah satu showroom di kawasan Arteri, Senin (11/10/2022). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Pemerintah sudah memilih 3 pabrikan motor yang bakal mendapatkan bantuan atau subsidi melalui program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang mulai berlaku pada 20 Maret 2023. Salah satu pertimbangan pemilihan 3 pabrikan tersebut karena telah memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di atas 40%.

Adapun 3 pabrikan motor listrik tersebut adalah Volta, Gesits, dan Selis. Dengan bantuan ini, Pemerintah akan memberikan subsidi sebesar Rp 7 juta untuk setiap pembelian motor listrik berbasis baterai. Jadi setelah ‘didiskon’, berapa harga masing-masing ketiga motor listrik tersebut?

Pantauan CNBC Indonesia, Kamis (9/3/2023), untuk harga termurah keluaran Selis, ternyata ada yang hanya dibanderol Rp 9,5 juta per unitnya. Jika pembeli berhak mendapat subsidi, artinya hanya perlu membayar sekitar Rp 2,5 juta atau kurang dari Rp 3 juta. Dengan modal sebesar itu, bisa memboyong 1 unit motor listrik varian Selis Motor Listrik Eagle. Selis Neo Scootic juga menawarkan harga yang rendah, yakni Rp 10,4 juta menjadi Rp 3,4 juta.

per unit seperti Volta Mandala di angka Rp 15,45 juta. Jika disubsidi, hanya perlu rogoh kocek sekitar Rp 8,45 juta. Apabila ingin lebih murah ada juga Volta Lite Mandala dari Rp 12,25 juta menjadi Rp 5,25 juta.

Ketiga adalah Gesits. Harga termahal varian Gesits G1 hampir Rp 28,9 juta per unit. Jika berhak mendapat subsidi, konsumen hanya perlu membayar sebesar Rp 21,9 jutaan rupiah.

Jadi gimana tertarik untuk membeli motor listrik? atau tetap akan membeli motor bensin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*