Mahfud MD: Transaksi Gelap Rp 300 T Libatkan 460 PNS Kemenkeu

Menko Polhukam Mahfud MD di Istana Kepresidenan Jakarta. (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)

Kisruh transaksi gelap Rp 300 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjadi sorotan publik. Ternyata, nilai transaksi gelap tersebut terkait dengan 460 pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran Kemenkeu.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat ditemui media selepas mengisi acara di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Dia mengungkapkan sekitar 460 pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terlibat transaksi janggal senilai Rp300 triliun dalam periode 2009 hingga 2023. Kurang lebih, katanya, ada 160 laporan yang diterima sejak saat itu

“Sesudah diakumulasikan semua melibatkan 460 orang lebih di kementerian itu yang akumulasi terhadap transaksi yang mencurigakan itu bergerak di sekitar Rp300 triliun,” kata Mahfud, dalam video Youtube di kanal Kemenkopolhukam, dikutip Kamis (9/3/2023).

Mahfud menyayangkan tidak adanya respons terkait hal ini. Padahal, laporan transaksi itu pun sudah disampaikan seluruhnya, namun tidak mendapat respons dari Kementerian Keuangan. Sebagai catatan, pada 2009, Sri Mulyani masih menjabat sebagai Menteri Keuangan di era Presiden SBY.

Sementara itu, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Keuangan mengaku bahwa pihaknya belum mendengar informasi mengenai temuan transaksi mencurigakan senilai Rp 300 triliun yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

“Memang sampai saat ini kami khususnya Itjen belum tahu tapi kami belum terima informasinya seperti apa. Nanti kami cek,” tegas Irjen Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*