Presiden Brasil Sebut Israel Lakukan Genosida di Gaza, Samakan dengan Hitler

Jakarta – Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, mengatakan Israel telah melakukan genosida kepada rakyat Palestina di jalur Gaza. Lula membandingkan Israel dengan perbuatan Adolf Hitler kepada masyarakat Yahudi.
Apa yang terjadi di jalur Gaza bukanlah perang, melainkan genosida,” kata Lula saat menghadiri pertemuan Uni Afrika di Addis Ababa, Ethiopia, seperti dilansir AFP, Minggu (18/2/2024).

Lula mengatakan apa yang menimpa masyarakat Palestina jarang terjadi dalam sejarah. Dia lalu membandingkan perbuatan militer Israel di Gaza dengan apa yang pernah diperbuat Adolf Hitler kepada warga Yahudi.

“Apa yang terjadi di Jalur Gaza dengan rakyat Palestina belum pernah terjadi dalam sejarah. Sebenarnya, hal itu pernah terjadi ketika Hitler memutuskan untuk membunuh orang-orang Yahudi,” ujar Lula.

Lula juga mengkritik sikap sejumlah negara barat yang menghentikan bantuan kepada badan PBB untuk pengungsi Palestina atau UNRWA. Bantuan itu disetop usai Israel menuding keterlibatan pegawai UNRWA dalam serangan Hamas ke wilayah Israel pada Oktober tahun lalu.

Dalam lawatannya di forum Uni Afrika, Lula sempat bertemu dengan Perdana Menteri Palestina, Mohammad Shtayyeh, pada Sabtu (17/2) waktu setempat. Lula menegaskan komitmen Brasil dalam memberikan bantuan kepada pengungsi Palestina.

“Ketika saya melihat negara-negara kaya mengumumkan bahwa mereka menghentikan kontribusinya terhadap bantuan kemanusiaan untuk Palestina, saya hanya membayangkan betapa besarnya kesadaran politik orang-orang ini dan betapa besarnya semangat solidaritas di hati mereka,” kata Lula.

“Kita harus berhenti menjadi kecil ketika kita perlu menjadi besar,” sambungnya.

Lula mendesak dilakukan solusi dua negara dalam penyelesaian konflik Israel dan Palestina di Gaza. Palestina, kata Lula, secara definitif harus diakui sebagai negara penuh dan berdaulat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*