Transmart Jual Beras Bulog, Harga Murah Meriah Rp 47.250/5 Kg

Dalam rangka memasok beras Bulog hasil impor untuk program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) masuk ke ritel modern, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) pada hari ini, Rabu (15/3/2023) meluncurkan beras SPHP Bulog di Transmart Cempaka Putih, Jakarta. (CNBC Indonesia/Martyasari Rizky)

Dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP),  Perum Bulog menggencarkan ketersediaan beras masuk ke ritel modern. Hari ini, Rabu (15/3/2023) Direktur Utama Bulog Budi Waseso (Buwas) meluncurkan beras SPHP Bulog di Transmart Cempaka Putih, Jakarta.

Bersama Chairman CT Corp Chairul Tanjung, Buwas secara simbolis meluncurkan beras SPHP dengan harga eceran tertinggi (HET) beras medium dibanderol Rp 47.250 per 1 karung isi 5kg.

Bulog memasok sebanyak 1.000 ton beras SPHP di seluruh gerai Transmart seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey mengungkapkan, pihaknya dan Bulog bekerja sama melakukan SPHP untuk beras. Sesuai arahan Badan Pangan Nasional (Bapanas), ujarnya, ritel modern akan memasarkan beras impor Bulog.

Beras-beras tersebut, jelas Roy, berkualitas premium dan akan dipasarkan dengan harga sesuai ketentuan harga eceran tertinggi (HET). Di mana, mengacu Peraturan Menteri Perdagangan 57/2017 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Beras, HET beras medium dan beras premium ditetapkan berdasarkan wilayah penjualan.

Untuk wilayah Jawa, Lampung, dan Sumatra Selatan, serta Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB), juga Sulawesi, HET beras medium adalah Rp9.450 per kg dan premium Rp12.800 per kg.

Untuk wilayah Sumatra kecuali Lampung dan Sumatra Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Kalimantan, HET beras adalah Rp9.950 per kg medium dan Rp13.300 per kg premium.

Sedangkan, untuk wilayah Maluku dan Papua, HET beras medium adalah Rp10.250 per kg dan premium Rp13.600 per kg.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*